Monday, 23 February 2015 00:00

Peluang Bisnis dan Potensi Provinsi Kalimantan dan Palangkaraya

Written by
Rate this item
(0 votes)

Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau merupakan potensi pasar yang besar. Selama ini banyak pebusnis hanya berfokus di pulau-pulau tertentu saja, terutama pulau Jawa. Pada kenyataannya, pulau Jawa semakin padat dan mungkin inilah saatnya untuk mulai melirik pulau-pulau diluar Jawa sebagai peluang bisnis. Kalimantan adalah salah satu pulau yang mempunyai peluang bisnis yang sangat menguntungkan dan menggiurkan, tepatnya di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Cerita-cerita dan pengalaman bisnis sejumlah pebisnis lokal atau pebisnis pemula yang sukses di Palangkaraya  ini mungkin dapat dijadikan inspirasi anda untuk memulai memikirkan dan melirik peluang bisnis yang membeludak di pulau Kalimantan ini.

Salah seorang pemilik Wedding Organizer yang sudah lama tinggal di Malang, Jawa Timur, Yemima Eka, tergerak untuk memperluas wedding organizernya di Kalimantan Tengah, tepatnya Palangkaraya. Yemima memang berasal dari Kalimantan, tetapi sudah lama sekali meninggalkan Kalimantan untuk meneruskan kuliahnya dan kemudian merintis usaha penyelenggara pesta pernikahan ini di Jawa Timur. Pengalaman yang di dapat di Jawa Timur, di kota Malang ini merupakan modal dasar yang mendorongnya untuk memperkenalkan bisnisnya di pasar lokal tanah kelahirannya Kalimantan itu.

Menurutnya, semua bisnis berkembang pesat di Palangkaraya, Kalimantan. Mulai dari bisnis Laundry yang dulunya tidak pernah ada, sekarang menjadi bisnis yang berkembang pesat. Begitu juga bisnis penyelenggara pesta pernikahan atau wedding organizer. Masyarakat Kalimantan Tengah, Palangkaraya mulai merasakan mudahnya menyelengarakan pesta pernikahan dengan menggunakan penyelenggara pesta pernikahan profesional atau wedding organizer ini.

 

Hal yang sangat penting untuk membuat suatu bisnis berkembang di suatu daerah sangat dimiliki oleh masyarakat Kalimantan Tengah ini yaitu bahwa masyarakat Kalimantan Tengah ini mempunyai daya beli yang cukup kuat. Kuncinya adalah pebisnis atau produsen dapat menjelaskan dengan baik mengapa produk atau jasa yang ditawarkan pada masyarakat Kalimantan Tengah ini penting. Informasi yang jelas dan akurat sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Palangkaraya ini agar tertarik dan menyadari tingkat kepentingan memiliki produk atau jasa yang ditawarkan.

Sangatlah penting untuk mengambil keputusan berbisnis di Kalimantan dengan segera, ketika bisnis di Kalimantan Tengah ini masih berkembang, karena nantinya akan semakin ramai dan membuat penetrasi bisnis anda agak sulit bila pebisnis yang mengembangkan usahanya di Kalimantan ini semakin banyak.

Sepanjang jalan Batam, Palangkaraya, terlihat deretan toko yang menjual berbagai macam souvenir khas Dayak. Para turis yang berkunjung ke kota Palangkaraya ini pasti menyemppatkan diri singgah ke jalan Batam ini.  Terlihat berbagai tenunan khas Kalimantan di jual di sana, terdapat pula tas atau dompet yang terbuat dari manik-manik khas Dayak yang bewarna kuning, merah dan hitam, warna khas suku Dayak. Dijual pula senjata khas suku Dayak yaitu Mandau.

Bila dilihat dari pesatnya kerajinan khas Kalimantan yang unik dan dibuat oleh tangan-tangan terampil dan profesional, maka sebenarnya peluang bisnis yang ada tidak hanya memawa atau membuka bisnis yang telah berkembang di pulau Jawa ke Kalimantan, tetapi juga terdapat peluang bisnis yang besar untuk membawa kerajinan khas Kalimantan untuk di pasarkan di pulau Jawa.

Komitmen dari Pemerintah Daerah Kalimantan khususnya Kota Palangkaraya membuat daerah ini berkembang dengan pesat. Terlihat dari slogan yang di usung kota Palangkaraya sebagai kota yang CANTIK, yaitu kependekan dari Terencana, Aman, Nyaman, Tertib, Indah dan Keterbukaan.

Read 1003 times
Login to post comments