JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Demorkat Susilo Bambang Yudhoyono kembali mengingatkan agar seluruh kader Demokrat membantu pemerintah mengatasi persoalan yang terjadi saat ini. Instruksi itu diberikan terutama kepada kader Demokrat yang menjadi kepala daerah.

"Bagi jajaran Partai Demokrat yang menjadi pejabat eksekutif, gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, walikota-wakil walikota, tentu bertugas untuk membantu penuh Presiden RI," kata SBY ketika menyampaikan pidato saat HUT Partai Demokrat ke-14 di Kompleks Parlemen, Rabu (9/9/2015).

Ia mengatakan, jika ada kebijakan pemerintah yang pro terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka harus didukung penuh. Sebaliknya, jika kebijakan itu justru menambah kesengsaraan, SBY mengimbau, agar jajarannya di parlemen dapat mengkritisi dan memberi masukan yang membangun. (Baca: Ibas: Banyak yang Rindu dan Bilang "I Want SBY Back")

Dalam kesempatan itu, SBY juga mengingatkan, keputusan DPP menjadikan Demokrat sebagai partai penyeimbang sudah tepat. Sebab, Demokrat dapat lebih independen dalam memberikan masukan kepada pemerintah. (baca: Ibas Sebut "I Want SBY Back", Bapaknya Bilang "Saya Bukan Calon Presiden")

"Kalau putusan benar kita dukung penuh, tidak ada halangan karena kita bukan koalisi. Tapi kalau ada kebijakan tidak tepat, kita bisa mengoreksinya karena kita bukan bagian dari koalisi pemerintah," tegasnya. (Baca: Kata Ibas, Ada yang Mulai Sadar Mengelola Negara Itu Tidak Mudah)

Penulis : Dani Prabowo
Editor : Sandro Gatra