JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Setya Novanto enggan berkomentar soal jam tangan yang dikenakanannya saat menghadiri kampanye bakal calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Arloji yang dikenakan Novanto sempat disorot karena harganya yang ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Setya Novanto kembali berkantor di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (14/9/2015), setelah selama seminggu lebih melakukan kunjungan di Amerika Serikat.

Kepada wartawan yang sudah menunggu, Politisi Partai Golkar ini mau berkomentar banyak mengenai pertemuannya dengan Trump. Novanto kembali menjelaskan bahwa pertemuan tersebut dilakukan secara spontan dan bertujuan untuk meningkatkan investasi di Indonesia. (baca: Ruhut Yakin Jam Tangan Setya Novanto Bukan Barang "KW")

Novanto juga mengaku tak berniat untuk menghadiri acara kampanye Trump. Ia beralasan hanya diajak dan sebagai orang timur dirinya tidak bisa menolak. Saat ditanya mengenai proses di Mahkamah Kehormatan Dewan, Novanto juga menjawab bahwa dia menghormati proses tersebut. Novanto merasa tak melanggar kode etik atau aturan apapun.

 

AP Jam tangan yang dipakai Ketua DPR Setya Novanto ini diprediksi senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah.
 
Namun, saat ditanya mengenai jam tangannya yang disebut bermerek Richard Mille, Novanto enggan berkomentar banyak. Dia langsung pergi meninggalkan rombongan wartawan dan buru-buru masuk ke lift.

 

"Itu enggak ada substansinya," kata Novanto yang terlihat masih mengenakan Jam tangan Richard Mille tersebut.

Pemerhati sekaligus pengusaha jam, Amos Lilik Wahyudi, melihat arloji yang dikenakan Setya saat bertemu Trump bermerek Richard Mille dengan harga per unit di atas Rp 500 juta sampai miliaran rupiah. (Baca: Setya Novanto Pakai Arloji Miliaran Rupiah Saat Bertemu Donald Trump?)

Amos menjelaskan, jika Setya mengenakan arloji Richard Mille bermesin Tourbillion, maka harganya di atas Rp 1 miliar. Amos menduga, jika dilihat dari penampang dial-nya, arloji yang dipakai Setya menggunakan mesin Tourbillion. Tidak semua merek arloji menggunakan mesin Tourbillion.

Jam tangan itu, kata dia, jauh lebih mahal dibanding arloji milik tokoh-tokoh dunia. Bahkan, kata dia, arloji yang dipakai Setya lebih mahal dibanding yang dipakai Presiden Amerika Serikat Barack Obama; mantan Presiden AS, Bill Clinton; dan Pangeran William saat menikahi Kate Middleton. (baca: Pemerhati Jam: Arloji Setya Novanto Lebih Mahal dari Arloji Obama-Pangeran William)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis : Ihsanuddin
Editor : Sandro Gatra