JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sekretaris Negara Pratikno meresmikan pemberangkatan mobil kapsul waktu, di Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (17/9/2015). Kapsul waktu tersebut rencananya akan dibawa menuju Sabang dan terus berlanjut hingga Merauke.

"Kapsul waktu ini berisi mimpi yang dirumuskan anak bangsa dari Sabang sampai Merauke, kemudian diringkas menjadi satu. Itulah simbolisme yang dilakukan dalam Ekspedisi 70 Tahun Ayo Kerja Indonesia," ujar Pratikno, saat memberikan sambutan di SUGBK, Senayan, Jakarta.

Ekspedisi kapsul waktu adalah kegiatan kerja secara gotong-royong berskala nasional antara Panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka, yang dikoordinasikan oleh Nick Nurrachman dan Jay Wijayanto. Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa kementerian dan lembaga pemerintah.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 3 kendaraan roda empat akan berkeliling menuju 34 provinsi seluruh Indonesia. Salah satu kendaraan membawa sebuah tabung berbentuk kapsul berukuran lebih kurang 50 sentimeter. Kapsul tersebut nantinya akan diisi surat-surat yang bertuliskan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia, yang ingin dicapai di masa depan.

Setiap provinsi akan merumuskan berbagai harapan menjadi satu lembar surat. Sesuai jadwal, kapsul waktu akan tiba di Merauke, Papua, pada 21 Desember 2015. Seluruh surat berisi mimpi dan harapan akan disatukan dan dimasukan ke dalam sebuah monumen yang akan dibangun oleh tim ekspedisi.

"Dengan ini kita mengukuhkan Indonesia sebagai negara besar. Semoga Indonesia melakukan lompatan mendahului negara lain yang lebih dulu maju. Dengan mimpi besar, kita akan memperoleh cita-cita. Selamat melakukan perjalanan keliling Indonesia, semoga sukses," kata Pratikno.
Penulis : Abba Gabrillin
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary