Merdeka.com - Mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur penting untuk memenuhi nutrisi tubuh ketika berpuasa seharian. Namun seringkali orang juga tak punya banyak waktu untuk membuat makanan sahur yang terlalu ribet. Jangan khawatir, ada menu mudah dan cepat, serta menyehatkan yang bisa dicoba untuk santap sahur.

Ini adalah omelet keju klasik yang bisa dimakan dengan dua tangkup roti bakar. Resep ini menyehatkan karena mengandung telur dan keju yang berprotein. Membuatnya pun hanya memakan waktu 15 menit saja. Ini bahan-bahan dan cara membuatnya, seperti dilansir oleh Boldsky.

Bahan yang diperlukan:
- 4 butir telur
- 6 helai roti tawar untuk dibakar
- 2 sendok makan keju cheddar yang sudah diparut
- 2 sendok makan wortel yang sudah dipotong-potong
- 1 sendok makan cabai hijau yang sudah dipotong
- 1 sendok teh lada hitam
- 3 sendok makan susu
- 2 sendok teh minyak untuk memasak
- garam secukupnya
- rempah-rempah sesuai selera

Cara membuatnya:
Campurkan semua bahan kecuali minyak dan keju parut hingga bercampur rata. Selanjutnya, panaskan minyak di atas wajan. Ketika sudah panas, letakkan campuran bahan tadi di atas wajan. Ratakan di atas wajan, kemudian taburkan keju parut di atasnya. Masak dengan api kecil.

Selanjutnya, tutup satu sisi omelet dengan sisi lainnya. Biarkan matang selama satu atau dua menit atau tunggu sampai keju berubah kecokelatan. Matikan api, dan hidangkan omelet ke atas piring. Sajikan omelet dengan dua tangkup roti bakar.

Resep ini dibuat untuk dua porsi. Jika kalian sedang berdiet, sebaiknya hindari menggunakan keju. Agar rasa lebih enak, tunggu hingga kejunya meleleh atau berwarna kecokelatan. Selamat mencoba!

 

Bangamat merupakan kuliner yang dibuat dari kelelawar besar / kalong. Cara pemasakannya yaitu paing yang akan dimasak dibersihkan dengan membuang kuku, bulu kasar ditekuk dan punggung, serta ususnya, selanjutnya sayap, bulu dan dagingnya dimasak, Biasanya untuk orang Dayak Ngaju paing dimasak dengan bumbu yang lebih banyak kalau untuk Dayak Maanyan, paing dimasak dengan bumbu yaitu serai dan daun pikauk. Biasanya Paing dimasak bersama sayur hati batang pisang yang dipotong-potong, pisang yang di gunakan adalah pisang kipas. Ataupun bisa juga dimasak dengan dengan sulur keladi.

Wadi

Monday, 16 March 2015 Culinary

Wadi merupakan makanan berbahan dasar ikan kadang juga memakai daging babi, Pengolahanya yaitu ikan atau daging yang hendak diolah dibersihkan terlebih dahulu, selanjutnya direndam selama 5-10 jam dalam air garam. Kemudian daging atau ikan diangkat dan dibiarkan mengering. Setelah cukup kering ikan atau daging dicampur dengan Sa'mu sampai merata. Kemudian daging disimpan dalam kotak kaca, stoples, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat-rapat. Simpan kurang lebih selama 3-5 hari. Untuk daging disarankan simpan lebih dari 1 minggu, Setelah selesai, wadi harus diolah kembali antara lain dengan cara digoreng atau dimasak.

Kalumpe / karuang  adalah sayuran yang dibuat dari daun singkong yang ditumbuk halus. Kalumpe sebenarnya adalah bahasa Dayak Maanyan dan karuang sebutan sayur ini dalam bahasa Dayak Ngaju. dalam pengolahan kalumpe iniyaitu daun singkong ditumbuk halus dan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. dengan tambahan bumbu bawang merah, bawang putih, serai dan lengkuas yang dihaluskan. Apabila ingin bisa ditambahkan cabe.biasanya kuliner ini di sajikan dengan sambal terasi.

Juhu Umbut Sawit adalah nama sayuran ini sangat asing bagi sebagian orang karena namanya yang tidak populer. namun orang pelancong yang sering ke tanah Dayak paling sering mencari sayuran ini. dan bagi suku Dayak, juhu umbut kelapa ini merupakan kuliner favorit yang wajib dihidangkan di setiap diadakan acara-acara seperti syukuran
 

Umbut Rotan yang merupakan kuliner yang di miliki Suku Dayak, umumnya umbut rotan dikenal dengan uwut nang'e. makanan yang berbahan dasar rotan muda ini cara pengolahanya pertama rotan muda dibersihkan kulitnya dibuang terus dipotong dalam ukuran kecil. Biasanya umbut rotan dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam. Kuliner yang satu ini mempunyai rasa gurih, asam, dan kepahit-pahitan yang terpadu dengan rasa manis dari daging ikan, yang menjadikan kuliner ini khas.